Sunday, June 30, 2013

Sosiologi Bahasa (sosiolinguistik)

Posted by fitrial izhaman On 5:20 AM | No comments

Selain istilah sosiolinguistik juga digunakan istilah sosiologi bahasa. Banyak orang yang menganggap hal itu sama, tapi banyak pula yang menganggapnya berbeda. Ada yang mengatakan digunakannya istilah sosiolinguistik karena penelitiannya dimasuki dari bidang linguistik , sedangakan istilah sosiologi bahasa digunakan kalau penelitian itu dimasuki dari bidang sosiologi. (Nababan 1884:3 juga brigh 1992:vol 4:9 ). J.A. Fishman , pakar sosiolinguistik yang andilnya sangat besar dalam kajian sosiolinguistik, mengatakan kajian sosiolinguistik lebih bersifat kualitatif,sedangkan kajian sosiologi bahasa bersifat kuantitatif. Jadi sosiolinguistik lebih berhubungan dengan perincian-perincian penggunaan bahasa yang sebernanya, seperti deskripsi pola-pola pemakaian bahasa atau diale dalam usaha tertentu.

Istilah sosiolinguistik muncul pada tahun 1952, dalam karya Haver C. Currie yang menyarankan perlu adanya penelitian dengan hubungan antara perilaku ujaran dengan status social. Fishman sendiri dalam bukunya yang terbit tahun 1970, menggunakan nama sosiolinguistics , tapi pada tahun 1972 menggunakan nama sociology of language. Haliday seorang linguis inggris , yang banyak memperhatikan segi kemasyarakatan bahasa , dalam bukunya The Linguistic s Science and Language Teacing , yang menggunakan istilah institutional, lintics Sciense and Language Teaching. Ada beberapa ahli yang mengartikan sosiologi sebagai berikut:

  1. Menurut Kridalaksana (1978), sosiolinguistik adalah ilmu yang mempelajari ciri dan pelbagai varriasi bahasa, serta hubungan di antara para bahasawan dengan ciri fungsi variasi bahasa itu di dalam suatu masyarakat.
  2. Menurut Nancy Parrot Hickerson (1980) sosiolinguistik adalah pengembangan sub bidang linguistik yang memfokuskan penelitian pada variasi ujaran, serta mengkajinya dalam suatu konteks sosial. Sosiolinguistik meneliti korelasi antara faktor-faktor sosial dengan variasi bahasa.
  3. Menurut J. A. Fishman, (1972) Sociolinguistic is the study of characteristics of language varieties, the characteristics of their function, and the characteristics of their speakers as these three constanly interact, chane and change one another within a speec community. (Sosiolinguistik adalah kajian tentang ciri khas variasi bahasa, fungsi-fungsi variasi bahasa, dan pemakai bahsa karena ketiga unsur ini selalu berinteraksi, berubah, dan saling mengubah satu sama lain dalam satu masyarakat tutur.
  4. Menurut Abdul Chaer dan Leonie Agustina (2004:2), sosiologi adalah kajian yang objektif dan ilmiah mengenai manusia dalam masyarakat, dan lembaga dan proses sosial yang ada dalam masyarakat.

Dari pendapat beberapa ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa sosiolinguistik adalah cabang ilmu linguistik yang bersifat interdisipliner dengan ilmu sisologi, dengan objek penelitian hubungan antara bahasa dngan faktor-faktor sosial di dalam masyarakat tutur.

Menurut pandangan sosiolinguistik mekanisme perubahan bahasa dapat dipahami dengan mempeajari dorongan-dorongan sosial yang memacu penggunaan bentuk-bentuk yang bbervariasi di tengah lingkungan yang beraneka ragam.

Penelitian tentang bahasa dalam kehidupan sosial masyarakat merupakan hal yang penting, karena bahasa memiliki posisi penting dalam berbagai bentuk komunikasi dan interaksi sosial. Menurut De Saussure (1916) (dalam Chaer A. & Agustina L. 2004:2), bahasa adalah salah satu lembaga kemasyarakatan yang memiliki kedudukan sama dengan lembaga kemayarakat seperti pernikahan dan pewarisan harta. Saville-Troike (1989) (dalam Wibisono B. 2005:1) menyatakan bahwa kajian tentang perilaku berbahasa dapat digunakan untuk menjelaskan fenomena sosial yang terjadi di masyarakat, menjelaskan maslah etnisitas, struktur sosial, stratifikasi sosial, jarak sosial, dan hubungan peran yang terdapat dalam masyarakat. Kemudian menurut Hamers & Blanc (1995) (dalam Wibisono, B. 2005:51), bahasa diarahkan untuk mengamati bagaimana orang menggunakan pilihan bahasa untuk menemukan nilai-nilai sosial budaya dan kaidah-kaidah kultural yang diungkapkan melalui perilaku yang diperagakan masyarakat.

Keadaan sosial sendiri mampu mempengaruhi bahasa terutama dalam memunculkan variasi bahasa yang berupa sosiolek, ada beberapa macam sosiolek yang telah dikenal, yaitu:
a. Akrolek: realisasi variasi bahasa yang dipandang memiliki nilai prestise yang lebih tinggi dibanding yang lain.
b. Basilek: variasi bahasa yang dipandang kurang bergensi dan dipandang rendah.
c. Vulgar: wujud variasi bahasa yang memiliki ciri menunjukkan pemakaian bahasa oleh penutur yang kurang terpelajar.
d. Slang: wujud variasi bahasa yang bersifat khusus dan rahasia, bahasa yang digunakan oleh orang-orang tertentu dalam satu kelompok.
e. Kolokial: wajud bahasa yang umum digunakan dalam kehidupan sosial kelas bawah.
f. Jargon: wujud variasi bahasa yang dimiliki oleh kelompok-kelompok tertentu yang bersifat khusus, tetapi tidak bersifat rahasia.
g. Argot: wujud variasi bahasa yang dipakai oleh penutur dengan profesi-profesi tertentu yang bersifat rahasia. Sosiolek ini bisa dikatakan bagian dari Slang.
h. Ken (Cant): wujud variasi bahasa yang dipakai oleh kelompok sosial tertentu dengan lagu bahasa yang dibuat-buat (Soeparno.2002:72-73).

Dalam konferensi sosiolinguistik pertama yang berlangsung di University of California, Los Angeles pada tahun 1964 telah dirumuskan tujuh dimensi sosiolinguistik, yang bisa juga digunakan dalam penelitian sosiologi bahasa. Ketujuh dimensi tersebut adalah
a. Identitas sosial dari penutur, yang dapat diketahui dari pertanyaan apa dan siapa penutur tersebut, serta bagaimana hubungannya dengan lawan tuturnya
b. Identitas sosial dari pendengar, yang dapat dilihat dari pihak penutur
c. Lingkungan sosial tempat peristiwa tutur terjadi yang kemudian berpengaruh pada pilihan kode dan gaya dalam bertutur
d. Analisis diakronik dan sinkronik dari dialek-dialek sosial, baik yang berlaku pada masa tertentu atau pada masa yang tidak terbatas
e. Penilaian sosial yang berbeda oleh penutur terhadap bentuk perilaku ujaran, yang disesuaikan dengan status dalam kehidupan sosial.
f. Tingkatan variasi sebagai akibat keheterogenan anggota suatu masyarakat, ada berbagai fungsi sosial dan politik bahasa, serta tingkatan kesempurnaan kode
g. Penerapan praktis dari penelitian sosiolinguistik sebagai upaya untuk mengatasi masalah kebahasaan. (Chaer, A & Leonie, A. 2004: 5)

Dari ketujuh dimensi ini, yang memiliki kaitan erat dengan disiplin ilmu sosiologi bahasa adalah identitas sosial dari penutur, identitas sosial pendengar, lingkungan sosial peristiwa tutur, dan penerapan praktis dalam mengatasi masalah kebahasaan. 

Kaitan antara Sosiologi dan Linguistik
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan individu, ataupun sebagai kelompok masyarakat. Objek kajian sosiologi ialah proses hubungan antar manusia dengan masyarakat (Aslinda: 2002:12). Sumarsono dan Piana (2002:5): Sosiologi mempelajari antara lain struktur sosial, organisasi kemasyarakatan, hubungan antaranggota masyarakat, dan tingkah laku masyarakat yang berinteraksi menggunakan bahasa (dalam masyarakat ada berbagai lapisan: pengusaha, pejabat, rakyar jelata..) tentulah bahasa yang digunakan bervariasi (sosiolinguistik). Keeretan hubungan sosiolinguistik dengan sosiologi dapat kita lihat dalam penggunaan metode penelitian. Misalnya, dalam pengumpulan data penelitian, baik sosiologi maupun sosiolinguistik menggunakan metode wawancara, rekaman,pengumpulan dokumen, dan sebagainya, sedangkan dalam pengolahan data menggunakan metode deskriptif.

Kesimpulan
Sosiolinguistik adalah cabang ilmu linguistik yang bersifat interdisipliner dengan ilmu sisologi, dengan objek penelitian hubungan antara bahasa dngan faktor-faktor sosial di dalam masyarakat tutur. Sedangkan Sosiologi bahasa adalah ilmu yang mempelajari bahasa dalam struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk di dalamnya perubahan-perubahan sosial. Keduanya mempunyai perbedaan namun salaing berkaitan. Keeretan hubungan sosiolinguistik dengan sosiologi dapat kita lihat dalam penggunaan metode penelitian.

0 comments:

Post a Comment

Kalender

Follow Meyzza Blog

Iklan

PPC Iklan Blogger Indonesia

Statistik